Asam Urat Reumatik dan Kolestrol

30/12/2007 at 7:18 am 48 komentar

Waduh… Ibuku Gerah nehh.. Asam Urat dan kolestrolnya tinggi  banget, dan dari diagnosa dokter katanya kena Reumatik jadi sendi2 sakit kalo buat berdiri. Sebenernya Ibu udah sukses mengatasi asam uranya dengan terapi daun salam. tapi kerena terhenti.. Wah jadi naik lagi deh.

Trs aku browsing2 lagi deh,,, kira kira petikannya speperti ini .. :

 

Mencegah & Mengatasi Kolesterol & Trigliseirida Tinggi Secara Alamiah
Oleh : Prof. H. M. Hembing Wijayakusuma

Kolesterol yaitu salah satu senyawa lemak yang lunak berwarna kekuningan seperti lilin yang diproduksi oleh tubuh terutama pada hati. Kadar kolesterol dalam darah dan jaringannya dibutuhkan tubuh sebagai komponen dari struktur sel, hormon dan vitamin untuk membuat hormon reproduksi dan fungsi seksual, hormon adrenalin yang dibutuhkan dalam proses metabolisme, pembungkus jaringan saraf (mielin), melapisi membran sel, vitamin D, dan juga sangat dibutuhkan untuk perkembangan sel-sel otak pada anak-anak sehingga berpengaruh pada tingkat kecerdasannya. Namun, sebagian kolesterol kembali ke dalam hati untuk diubah menjadi asam empedu dan garam empedu. Pada akhirnya sebagian kolesterol tersebut akan dibuang melalui tinja/feses. Tubuh mendapatkan tambahan kolesterol dari pemasukan sumber makanan yang berasal dari hewani seperti jeroan, lemak hewan, kulit ayam, kuning telur, otak, daging, makanan laut, susu, produk olahan susu, dan sebagainya.
Setiap jumlah lemak dan karbohidrat yang tidak langsung digunakan akan disimpan di dalam jaringan di luar hati seperti pembuluh darah, otot, dan jaringan lemak di bawah kulit dalan bentuk trigliserida. Jadi trigliserida merupakan lemak utama di dalam tubuh yang sangat erat kaitannya dengan kolesterol, di mana keduanya mempunyai hubungan yang tidak dapat dipisahkan dalam proses metabolisme. Trigliserida dibentuk oleh tubuh di hati dari gliserol dan lemak yang berasal dari makanan atau dari kelebihan kalori akibat makan yang berkelebihan. Meningkatnya kadar trigliserida dipicu oleh pengkonsumsian bahan makanan yang mengandung karbohidrat dan lemak jenuh yang tinggi seperti daging, mentega, minyak sawit, minyak kelapa, keju, santan, alkohol, dan sebagainya secara berkelebihan. Kelebihan trigliserida akan ditimbun dalam jaringan di bawah kulit sebagai cadangan energi.
Proses pencernaan lemak dari makanan selain menghasilkan kolesterol juga menghasilkan trigliserida dan lemak bebas. Semua senyawa lemak ini akan diserap oleh tubuh melalui usus ke dalam darah. Keberadaan kolesterol dan trigliserida dalam darah memang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Jika pengkonsumsian makanan yang mengandung lemak jenuh berkelebihan maka mengakibatkan kadar kolesterol dan trigliserida berkelebihan juga. Hal ini akan menimbulkan ancaman dan masalah yang serius, terutama pada penyakit pembuluh darah yang disebut aterosklerosis. Penyakit ini dapat memicu timbulnya penyakit jantung koroner dan stroke, di mana jenis penyakit pembuluh darah ini merupakan penyebab kematian nomor satu di dunia.
Kolesterol yang menempel pada permukaan sebelah dalam dinding pembuluh darah semakin lama akan mengeras membentuk plak yang lambat laun akan menyumbat pembuluh darah jantung sehingga penyebabkan penyakit jantung koroner. Apabila penyumbatan terjadi pada pembuluh darah di otak dan mengakibatkan pecahnya pembuluh darah maka dapat mengakibatkan terjadinya stroke.
Terdapat dua jenis kolesterol yang harus diketahui yaitu LDL (Low-density lipoprotein) dan HDL (High-density lipoprotein). LDL disebut juga kolesterol jahat karena dia mudah melekat pada dinding pembuluh darah dan menyebabkan penumpukan lemak yang memicu aterosklerosis (pengerasan dan penyumbatan pembuluh darah). HDL disebut dengan kolesterol baik karena mempunyai sifat antiaterogenik (mencegah aterosklerosis) yaitu mengangkut kolesterol dari pembuluh darah atau jaringan lain menuju hati untuk dikeluarkan sebagai asam empedu. Bila keseimbangan terganggu, kadar LDL cenderung meningkat dan kadar HDL cenderung makin rendah sehingga aterosklerosis lebih mudah terjadi. Kadar kolesterol darah dikatakan tinggi tinggi bila kadar kolesterol total > 240 mg/dl. Kadar trigliserida darah tinggi bila > 200 mg/dl. Kadar kolesterol LDL tinggi bila > 160 mg/dl. Kadar kolesterol HDL rendah bila < 40 mg/dl.
Tingginya kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah tak lepas dari gaya hidup modern dengan pola makan yang salah dan gizi tak seimbang. Untuk itu pengaturan pengkonsumsian makanan harus diperhatikan dengan baik.
Tips mencegah kolesterol dan trigliserida tinggi :

Mengatur pola makan sehat dan seimbang, misalnya dengan pengkonsumsian sayuran dan buah segar yang banyak mengandung serat, kacang kedelai dan hasil olahannya (tempe), sereal sebagai sumber serat, membatasi pengkonsumsian makanan dan minuman yang manis, membatasi pengkonsumsian makanan yang mengandung kolesterol tinggi misalnya goreng-gorengan, produk makanan olahan, dan lain-lain.
Konsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin, terutama vitamin C, E, dan betakaroten.
Kontrol dan pertahankan berat badan jangan sampai berkelebihan sebab orang dengan berat badan berlebih mempunyai resiko tinggi terkena penyakit jantung dan cenderung menaikkan kadar kolesterol. Umumnya orang dengan berat badan lebih memiliki kadar trigliserida darah yang tinggi karena trigliserida banyak di simpan di balik lipatan kulit.
Lakukan olahraga secara teratur dan terukur sesuai kondisi tubuh.
Hentikan kebiasaan merokok, pengkonsumsian kopi, dan minuman yang mengandung alkohol.
Hindari stres.
Dan lain-lain.
Bagi penderita kolesterol tinggi hendaknya menghindari makanan berikut ini : makanan yang mengandung lemak tinggi, jeroan, otak sapi, daging, kuning telur, hati ayam, hati sapi, udang, cumi/sotong, kepiting, cokelat, mentega, margarine, keju, minyak kelapa, minyak sawit, dan lain-lain. Sedangkan bahan makanan yang dianjurkan dikonsumsi yaitu : brokoli, wortel, labu siam, belimbing manis, belimbing wuluh, apel, anggur, pepaya, pisang, jeruk, nanas, tomat, jamur putih kering, jamur kuping hitam, jamur hioko, rumput laut, minyak ikan, ikan segar, tempe, tahu, kembang tahu, dan lain-lain.
Resep alamiah yang dapat digunakan untuk mengatasi kolesterol dan trigliserida tinggi yaitu :

7 – 10 lembar daun salam segar direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, airnya disaring, diminum hangat-hangat.
30 gram daun ceremai segar + 30 gram daun jambu klutuk/jambu biji segar direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, airnya disaring, diminum hangat-hangat.
60 gram kulit kacang tanah segar direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, airnya disaring, diminum hangat-hangat.
30 gram temu lawak segar + 25 gram kunyit segar + 25 gram daun dewa segar direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, airnya disaring, diminum hangat-hangat.
1 – 2 buah mengkudu/pace matang dijus + madu secukupnya, diminum.
60 gram nanas + belimbing manis secukupnya dijus, diminum.
Catatan : Anda dapat menggunakan salah satu resep alamiah di atas dan lakukan secara teratur sehari 2 kali. Dalam melakukan perebusan gunakan panci enamel atau periuk tanah.

 

APA DAN BAGAIMANA ASAM URAT DAN RHEUMATIK?A. BEDA ASAM URAT DAN REUMATIK “ASRATIK”, asam urat dan rheumatik. Sama atau berbeda? Penyakit asam urat merupakan bagian dari penyakit rheumatik. Meningkatnya asam urat bisa terjadi pembentukan tofi asam urat atau gout (Arthritis pirai) dan rheumatik memang penyakit yang berbeda namun keluhan yang dirasakan sering sama dan bagian tubuh yang diserang juga sama. ASAM URAT Penyakit asam urat disebabkan meningkatnya kadar asam urat dalam darah. Normalnya, asam urat sebagai hasil samping dari pemecahan sel yang terdapat dalam darah yang secara berkesinambungan tubuh memecah dan membentuk sel yang baru. Nilai asam urat yang normal bila wanita 2,4 – 6, untuk pria 3,0 – 7. Meningkatnya asam urat disebabkan pekerjaan ginjal yang tidak sanggup mengeluarkan asam urat melalui air kemih. Beberapa faktor yang menyebabkan kadar asam urat tinggi adalah:
Faktor keturunan·        Penyakit Diabetes Melitus·        Adanya gangguan ginjal dan hipertensi·        Tingginya asupan makanan yang mengandung purin.·        Berat badan yang berlebih (obesitas)·        Jumlah alkohol yang dikonsumsi·       
Penggunaan obat-obatan kimia yang bersifat diuretik/analgetik dalam waktu lama

RHEUMATIK Ada dua macam rheumatik, yakni rheumatik artikuler dan rheumatik non-artikuler. Rheumatik artikuler terjadi di bagian sendi, atau sering disebut radang sendi. Rheumatik non artikuler disebut juga extra articular rheumatism terjadi di bagian jaringan lunak di luar sendi. Rheumatik artikuler ada beberapa macam al:·        Osteoartritis,·        Artritis Reumatoid,·       
Artritis Pirai atau Asam Urat.

B. PENYEBAB ASAM URAT DAN RHEUMATIK Beberapa faktor penyebab rheumatik osteoartritis a.l:- Penipisan rawan sendi yang bersifat progresif- Faktor umur yang semakin lanjut- Menopause bagi perempuan- Keturunan- Kegemukan- Cedera sendi atau stres- Tulang yang padat (dialami pelari)
C. GEJALA PENDERITA ASAM URAT DAN RHEUMATIK
Tanda-tanda seseorang menderita asam urat sebagai berikut:

·        Adanya peningkatan asam urat darah·        Terdapat kristal urat yang khas dalam cairan sendi·        Terdapat tofus yang telah dibuktikan dengan pemeriksaan kimia·        Terjadi lebih dari satu kali serangan nyeri di persendian.·        Adanya serangan di satu sendi, terutama sendi ibu jari kaki Sendi tampak kemerahan·        Adanya pembengkakan tidak simetris di satu sendi·       
Tidak adanya bakteri saat terjadi serangan dan peradangan,

Sama halnya dengan penyakit kanker yang terdiri atas beberapa stadium. Kasus asam urat tingkat keparahannya terdiri dari empat tahapan/stadium: 1. Tahap Asimtomatik (stadium I). Tanda-tanda penyakit asam urat/gout pada stadium I atau permulaan biasanya ditandai dengan peningkatan kadar asam urat tetapi tidak dirasakan oleh penderita karena tidak merasakan sakit sama sekali dan tidak disertai gejala nyeri, arthritis, tofi/tofus maupun batu ginjal atau batu urat di saluran kemih. 2. Tahap Akut (stadium II)Asam urat Stadium II biasanya terjadi serangan radang sendi disertai dengan rasa nyeri yang hebat, bengkak, merah dan terasa panas pada pangkal ibu jari kaki. Biasanya serangan muncul pada tengah malam dan menjelang pagi hari.  3. Tahap Interkritikal (stadium III)Asam urat Stadium III adalah tahap interval di antara dua serangan akut. Biasanya terjadi setelah satu sampai dua tahun kemudian.  4. Tahap Kronik (stadium IV)Tahapan kronik ini ditandai dengan terbentuknya tofi dan deformasi atau perubahan bentuk pada sendi-sendi yang tidak dapat berubah ke bentuk seperti semula, ini disebut gejala irreversibel atau arthritis gout kronis. Pada kondisi ini frekwensi kambuh akan semakin sering dan disertai rasa sakit terus menerus yang lebih menyiksa dan suhu badan bisa tinggi. Bila demikian bisa menyebabkan penderita tidak bisa jalan atau lumpuh karena sendi menjadi kaku kaku tak bisa ditekuk. Makanan yang perlu dipantang untuk penderita asam urat adalah :
Sayuran:
– Daun bayam- Kangkung – Daun Singkong- Daun Jambu Mete- Asparagus- Buncis dan – Kembang Kol.

Buah-buahan:
– Durian- Alpukat- Nanas- Air Kelapa

Makanan \lauk pauk:
– Jeroan seperti hati,ginjal,limpa,babat, usus, paru dan otak- Makanan laut: udang,kerang, cumi, kepiting.- Makanan kaleng: kornet, sarden dan ekstrak daging- Telur- Kaldu atau kuah daging yang kental

Kacang-kacangan dan emping mlinjo.
– Kacang Tanah- Kacang Hijau- Kacang Kedelai- Tempe- Tauco- Tauge- Oncom- Susu Kedelai

Minuman dan makanan beralkohol
– Bir- Wiski- Anggur- Tape- Tuak

Tidak semua bahan pangan yang mengandung purin menigkatkan asam urat. Sebagai contoh kopi, teh, dan coklat mengandung komponen purin berupa kafein, theopyline, dan theoromin yang kemudian dimetabolisme menjadi metil urat yang tidak membentuk tofi atau tidak meningkatkan kadar asam urat dalam darah. Jadi kopi, teh dan coklat aman untuk penderita asam urat.

About these ads

Entry filed under: Medis. Tags: .

Share Pengalaman Internetan dari rumah Service Handycam di Service Center Sony Eld***do Yogyakarta

48 Komentar Add your own

  • 1. jamal  |  22/11/2008 pukul 5:35 am

    ibu saya dah lama sakit kolestrol,rematik, asam urat & sakit jantung gmna cara mengobati y dan pantang2 y

    Balas
  • 2. bsriw  |  22/11/2008 pukul 11:11 am

    Ya kayaknya sumber problem utama adalah pola makan dan pola istirahat yang kurang sadar kesehatan. Dan setelah tua baru kerasa efeknya. So.. baiknya ya dicek laboratorium dulu supaya jelas mana-mana yang kelebihan dan berapa besarnya. Dan perlu dicatat standart nilai hasil lab. itu berbeda tergantung usia dan kondisi. Nah… baru… mengatur pola makan yang baik…

    khusus buat jantung… akan lebih baik kalo di cek degan CT-Scan yang mampu mendeteksi saluran darah/saluan jantung. Kalau tidak salah yang CT-SCAN 64 Slice ato lebih. kayaknya ya rada mahal mungkin sktr 1.5juta-an, tapi itu akan lebih baik daripada tiba2 dapat serangan jantung. So bisa ada tindakan preventif.

    Ok selamat menjaga kesehatan orang tua… :)

    Balas
  • 3. maidah  |  05/12/2008 pukul 4:15 am

    ayah saya mengalami pembengkakan di kaki dan perut dan diagnosa dokter mengatakan kalau ayah saya terkena batu ginjal apakah ada cara penyembuhan alami untuk penyakitnya terima kasih

    Balas
    • 4. bsriw  |  16/12/2008 pukul 3:30 pm

      Tumbuhan obat atau herbal yang dapat digunakan untuk pengobatan infeksi ginjal mempunyai khasiat sebagai antiradang, antiinfeksi, menurunkan panas, dan diuretik (peluruh kemih). Tumbuhan obat yang dapat digunakan, antara lain :
      1.Kumis kucing (Ortthosiphon aristatus)
      2.Meniran (Phyllanthus urinaria)
      3.Sambiloto (Andrographis paniculata)
      4.Pegagan (Centella asiatica)
      5.Daun Sendok (Plantago major)
      6.Akar alang-alang (Imperata cyllindrica)
      7.Rambut Jagung (Zea mays)
      8.Krokot (Portulaca oleracea)
      9.Jombang (Taraxacum mongolicum)
      10.Rumput mutiara(Hedyotys corymbosa)

      Berikut beberapa resep dari herbal untuk mengtasi infeksi ginjal.
      Resep 1.
      60 gram tumbuhan kumis kucing yang segar + 30 gram daun sendok segar + 30 gram rumput mutiara segar, dicuci bersih, lalu direbus dengan 800 cc air hingga tersisa 400 cc, disaring, airnya diminum 2-3 kali sehari.
      Resep 2.
      30 gram meniran segar + 60 gram akar alang-alang segar + 30 gram pegagan segar, dicuci bersih, lalu direbus dengan 800 cc air hingga tersisa 400 cc, disaring, airnya diminum 2 kali sehari.
      Resep 3.
      20 gram sambiloto segar + 60 gram krokot segar + 60 gram rambut jagung segar, dicuic bersih, lalu direbus dengan 800 cc air hingga tersisa 400 cc, disaring, airnya diminum 2 kali sehari.

      Catatan :
      – pilih salah satu resep dan lakukan secara teratur.
      – apabila menggunakan bahan-bahan kering, gunakan takaran setengahnya (misalnya : 30 gram pegagan segar kalau yang kering gunakan 15 gram)
      – untuk perebusan gunakan panci enamel, peruk tanah, panci kaca/pyrex.

      *************

      Sumber: hembing

      Balas
  • 5. Falen  |  10/12/2008 pukul 8:57 pm

    Saya saran agar ayah kamu banyak minum air putih n jangan suka nahan saat mau pipis,

    Balas
  • 6. Muhtar solikin  |  23/12/2008 pukul 12:12 pm

    Saya akhir2 ini sering menderita nyeri pada persendian kaki, badan lemas2, dan pikiranku sering bingung, belum aku cek ke dokter, tapi kira2 aku terkena penyakit apa ya? apakah aku terkena Diabetes, terimakasih

    Balas
  • 7. Muhtar solikin  |  23/12/2008 pukul 12:13 pm

    saya akhir2ini sering merasakan nyeri pada persendian kaki, apakah aku terkena penyakit Diabetes? terimakasih

    Balas
  • 8. kennorton  |  04/01/2009 pukul 10:09 am

    apa ramuan yg cocok untuk reumatik yang disebabkan asam urat. trims mohon bantuannya.

    Balas
  • 9. hendriani  |  09/01/2009 pukul 8:58 am

    sudah 2 minggu ini sendi lengan sebelah kanan agal sakit apa itu rematik/asam urat. mohon infonya. Terima kasih.

    Balas
  • 10. Prima Putra  |  13/01/2009 pukul 7:25 pm

    Sudah beberapa hari ini tumit kanan saya terasa nyeri dan dari pemeriksaan darah asam urat saya cukup tinggi serta trigliserid juga tinggi akan tetapi kolesterol hanya 175 ( batas aman ) kira kira terapi atau ramuan obat apa yang mungkin bisa membantu untuk mengatasi nyeri yang saya rasakan, umur saya baru 40 tahun

    Balas
    • 11. bsriw  |  16/01/2009 pukul 7:09 pm

      Maaf belum bisa menjawab…

      Balas
  • 12. aisyah  |  22/01/2009 pukul 1:01 pm

    tekanan darah ibu saya 160/100, dan merasa lemas jika kaget, atau mendengar kata yang “keras”, dan lainnya.ibu saya termasuk pemilik berat badan yang agak berlebih. saya menyarankan untuk mengkonsumsi belimbing buah, timun, seledri, dan bawang putih, kemarin sempat turun 140/90, tapi kemudian naik lagi.ibu saya pernah (mungkin) menderita gejala asam urat (waktu saya tekan bagian betisnya tidak elastis), tetapi sekarang sudah kembali elastis dengan terapi mandi saat fajar dengan air langsung dari sumur.
    mohon saran resep untuk menurunkan tekanan darah ibu saya, tetapi tetap aman untuk asam uranya.dan apakah ibu saya punya gangguan jantung?

    Balas
  • 13. agus irianto  |  11/03/2009 pukul 6:12 pm

    Untuk Kolestrol dan asam urat menurunkan memakai.
    7 lembar daun Ceremay+5 lembar daun jambu batu
    godok 2 gelas jadi stu gelas minum pagi dan sore.
    dalam 15 hari Kolestrol turun saya dari 286—> 165 ml.
    asam urat 8,5 menjadi 6,2,tapai jangan lupa, jeroan dll
    janagn makan dulu insaya alloh hasilnya baik sekali,
    selamat mencoba,

    Balas
  • 14. ranhy  |  06/04/2009 pukul 9:03 pm

    kakak saya merasa kakinya ada menendang (bagian betis) shg susah berjalan spt habis terkena kram, kmdn menjadi bengkak mulai betis ke bawah apakah ini termasuk asam urat? mengingat kakak saya juga menderita diabetes, ramuan tradisional apa yang disarankan untuk mengobati bengkak di kaki, terima kasih.

    Balas
  • 15. diah  |  14/05/2009 pukul 10:07 am

    rus Mkn pa az sich..?
    trus mkana pa az yg gag boleh dmkn?

    Balas
  • 16. fierra  |  16/05/2009 pukul 2:35 pm

    rus Mkn pa az sich..?
    trus mkana pa az yg gag boleh dmkn?

    Balas
  • 17. fierra  |  16/05/2009 pukul 2:38 pm

    mkan pa yach???? enakx!!! hbiz smua mkanan enak sich………..

    Balas
  • 18. Bima Setya  |  31/05/2009 pukul 10:58 am

    jari kaki & tangan terasa sakit,bila untuk berjalan sakit minta ampun!!! apalagi untuk jongkok…..terasa kaku.
    penyakit apakah itu?dan apa obatnya…..

    Balas
  • 19. Philip  |  29/06/2009 pukul 11:45 pm

    saya sering mandi malam,,

    Apakah kemungkinan terjadinya reumatik ??

    terimakasih

    Balas
  • 20. Pantas  |  03/07/2009 pukul 11:21 am

    Mau tanya??
    Uda 2 minggu dibawah lutut, pergelangan kaki kanan, pinggul, lutut tangan kiri dan ke 2 telapak kaki saya sakit dan susah utk jalan. dan saya uda cek darah hasilnya kolesterol ada dan asam urat Normal.
    Yang mau saya tanya : Ini penyakit apa??
    tolong jawabannya. tksh

    Balas
  • 21. akbar  |  03/08/2009 pukul 7:01 pm

    Saya juga penderita asam urat, alhamdulillah minum teh pro-murat sekali sehari terasa membantu
    Dalam menurunkan kadar asdam urat dan nyeri, juga membuat jadi sering
    Buang air kecil, jangan lupa sehari minum air putih 3liter

    Balas
    • 22. Anonymous  |  24/02/2014 pukul 1:19 pm

      dimana saya bisa dapat kan Teh pro murat

      Balas
  • 23. sugeng  |  09/08/2009 pukul 10:02 am

    mau nanya juga, saya baru saja cek darah ternyata kolesterol saya nyampe 320an, sudah diet gak juga turun gimana?

    Balas
  • 24. thearahani  |  20/08/2009 pukul 10:48 am

    Reumatik kan karena kelebihan asam urat, trus ada dokter yang menyarankan harus memperbanyak mengkonsumsi susu kedelai.. tapi kok anda bilang susu kedelai harus dipantang.
    lalu pengobatan alternatif pake jus nanas dan belimbing manis. tapi kok nanas juga harus di pantang…
    jadi bingung saya….
    katanya kedelai bagus, karne ada hormon estrogen dan berguna untuk rematik dan asam urat. kok tempe kagak boleh..

    yang bener yang mana nie……

    Balas
    • 25. Anonymous  |  06/05/2010 pukul 12:11 pm

      itu penyakit yang disebabkan kontraksi otot-otot kamu yang megeras / kaku aku sarankan agar kamu itu gak boleh berdiri lama-lama ,terus kamu harus rajin olah raga. oky jgn kamu itu lebih besar tidur dibanding beraktifitas ………………………………….ok………………………………………………………………………………..ok………..ok…………………………………………………………………..ok………….ok……………ok………………………………………………………………..ok……………..ok……..ok……………………………………………………………………ok…………..ok………………………………………………………………………………..ok………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….

      Balas
  • 26. dina  |  07/09/2009 pukul 7:57 pm

    tante saya nyeri dari kaki hingga paha,itu terjadi selama dia beraktifitas , dan terasa hangat.tekanan darah 160/100.ini penyakit apa, mohon balasan segera

    Balas
  • 27. Amy  |  24/10/2009 pukul 6:22 am

    Panci enamel apaan y yg untuk rebus bahan2 alami diatas..?

    Balas
  • 28. ida siburian  |  10/01/2010 pukul 6:15 pm

    saya sering sakit di persedian seperti di jari tangan dan kaki, apakah itu paenyakit rematik?

    Balas
  • 29. purkon  |  22/01/2010 pukul 8:46 pm

    buah betis sampai lutut sering terasa sakit dan pegal, sudah terasa lebih dari lima tahun sampai sekarang. mohon petunjuk untuk pengobatanya / obat herbal atau yang lainya

    Balas
  • 30. T.zaimalia  |  10/09/2010 pukul 11:41 pm

    Saya sering merasakan nyeri d sekitar tulang di ibu jari kaki apakah itu gejala asam urat?

    Balas
  • 31. sita  |  25/10/2010 pukul 9:34 pm

    dua kaki saya sering terasa pegal, terasa lemas, seperti kecapean. dan susah tidur, perut rasanya kembung. sering pusing. saya punya penyakit asam urat. bagaimana solusinya mohon penjelasan.

    Balas
  • 32. Anonymous  |  20/11/2010 pukul 4:18 pm

    Saya umur 39 thn,sy ud cec korestrol sm asam urat tinggi,makanan apa yg hrs sy makan.antra 2 penyakit itu makananya berlawanan

    Balas
  • 33. Hastuti  |  24/12/2010 pukul 4:11 pm

    Saya juga sakit dari ujung kaki sampai jari2 tang an, apakah ini juga asam urat, kalau mau berobat kemana yang tepat

    Balas
    • 34. Anonymous  |  02/10/2011 pukul 4:18 pm

      masakai

      Balas
      • 35. Anonymous  |  20/05/2012 pukul 2:24 pm

        dimana tu masakai ?

  • 36. ira  |  18/01/2011 pukul 11:42 pm

    Saya puya penyakit asam urat, kolestrol dan trigliseirida padahal umur saya msih muda. Jadi saya mau tanya gimana cara mencegah & mengobati asam urat, Kolesterol & Trigliseirida?trus makanan apa saja yang dipantang?trima ksih.

    Balas
  • 37. DWI TITIEK  |  26/01/2011 pukul 1:45 pm

    Aq suka banget dengan uraian diatas, aq sangat berguna sekali buat aq dan mungkin yang lain

    Balas
  • 38. rochani  |  31/01/2011 pukul 10:36 am

    Ini pengalaman saya pribadi dalam upaya menurunkan / mengatasi gangguan asam urat. Saya pernah kena pembengkakan asam urat dan telah mengeras sebesar kacang polong pada buku telpak kaki kiri. Kemudian ada saran dari seseorang dari Pantai laut Selatan, yaitu agas mengkonsumsi daun ubi jalar biasanya disebut ( glandir, jlegor, lengguk ). Daun ini jenisnya ada dua macam ;1] daunnya runcing seperti daun kangkung 2] daunnya bulat. Nah saya anjurkan yang digunakan untuk pengobatan asam urat yang bulat.
    Boleh dimasak apa saja ; oseng, sayur bening, sambal plencig, tumis dsbnya. Saya mengkonsumsi selama 60 hari tanpa henti, tiga kali sehari. dan Alhamdulilah hasilnya, asam urat saya yang tadi 8,6 turun drastis menjadi 7,0, dan benjolan keras di buku telapak kaki kiri saya, menjadi hilang sama sekali.
    Artikel ini pernah aku posting di Kompasiana ,
    Selamat mencoba

    Balas
  • 39. Fredy setiawan  |  03/03/2011 pukul 6:18 pm

    Apa penyebab nya sendi2 jari nya kaku?tujuan periksa na dokter mana?

    Balas
  • 40. Herny Mamah Danu  |  15/09/2011 pukul 6:49 pm

    kolestrol sy 221shingga ibu jari dn jari tengah sy sering kesmutan.sy sdh brusaha menghiindari jeroan dll.ttpi kok blm smbuh jg apa ya obat bwt penyakit sya

    Balas
  • 41. Anonymous  |  30/09/2011 pukul 10:07 am

    Pagi. .!
    Saya sering menderika kesemutan di bagian kaki dan tangan, bila berkendara sepda motor dg jarak jauh dan sering merasa nyeri di tulang
    Pertanyaan saya apa nie gejala rematik.??

    Balas
  • 42. Ral  |  18/10/2012 pukul 7:28 pm

    ngacenggg

    Balas
  • 43. arum  |  08/02/2013 pukul 7:28 pm

    mksi bgt

    Balas
  • 44. Rico Fiesta  |  04/03/2013 pukul 9:55 pm

    kaki saya awalnya luka
    tapi lukanya bernyeyeh (kaya ada nanahnya) dan itu bertambah banyak lukanya
    hingga sekarang malah mengalami pembengkakan,,,,,,
    saya minta saran prof, gmn solusinya

    Balas
  • 45. Edi sanjaya  |  19/02/2014 pukul 1:13 am

    Dok sy nanya jari tangan kanan kebas dan ngilu sdh 4 bulan penyakit apa itu makan obat apa supaya bisa sembuh teri kasig

    Balas
  • 46. swamie  |  21/02/2014 pukul 7:40 am

    Jadi bingung utk asam urat Ada yang saran alpukat sebagai obat, disini masuk sebagai makanan yg di pantang…. mana yg benar?

    Balas
  • 47. Bu kokom  |  22/03/2014 pukul 1:27 pm

    Saya periksa darah, hasilnya, kolesterol, trigliserida bagus.
    Tapi asam urat dan gula darah yg agak tinggi. Asam urat 6.
    Gula darah puasa 120,
    2 jam setelah puasa 140.
    Saya bingung soal makanan yg hrs sy makan.
    Contohnya buah alpukat untuk diabetes bagus, tp untuk asam urat gak bagus, jadinya saya bingung.
    Tolong dong makanan dan buah apa aja yg aman dan boleh dimakan oleh penderita diabetes + asam urat, trimakasih sebelumnya.

    Balas
  • 48. wahyudi  |  07/08/2014 pukul 10:07 pm

    Saiapun yang baik hati, ibu saya itu punya penyakit, setiap dya kecapean sedikit, lutut bagian kiri itu terasa sakit dan agag bengkak, tolong dong informasi obat apa yg bisa menghilangi penyakit it? Baik secara alami maupun kimia. Bisa d jwb d no ini, 085229200776

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Selalu Lebih Baik..

Perbaikan terus menerus..
Plan-Do-Check-Action

Kata Kunci Pencarian

bernard bendrat bernad benard benad bernadius bernardius bernaditus sri widodo wiwied wied wiwid mas wied mas wiedodo mas dodo om dodo sriwidodo bsriwidodo b.sri.w bsriw pak bhe pak be bs widodo pak bernard pak bendrat pak bernad

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: