TERAPI JUS UNTUK MENURUNKAN TEKANAN DARAH TINGGI (HIPERTENSI)

16/12/2008 at 3:15 pm 55 komentar

Hari ini aku dapat kabar dari ‘my Lovly Friend’ kalo Maminya darah tinggi, yang sama dengan ibukku, sembari nginget2 aku browse lagi resep yang pernah ku berikan pada ibukku. Ternyata perlu juga di share ke sini. Berikut artikelnya.

TERAPI JUS UNTUK MENURUNKAN TEKANAN DARAH TINGGI (HIPERTENSI)

Hembing Fri, 06 Jun 2008 10:16:00 WIB
Hipertensi atau tekanan darah tinggi termasuk penyakit yang tidak menunjukkan gejala atau tanda-tanda yang jelas sebelum adanya perubahan pada pembuluh darah di jantung, otak atau ginjal. Oleh karena itu banyak orang yang tidak menyadari kalau menderita hipertensi, mereka baru mengetahuinya ketika dokter mengukur tekanan darahnya saat cek kesehatan atau keluhan penyakit lain. Seseorang dikatakan menderita hipertensi apabila nilai tekanan darah sistoliknya di atas 140 mm Hg dan diastoliknya di atas 90 mm Hg. Penyakit ini menyerang satu dari sepuluh orang dewasa dalam hidupnya.

Tekanan darah tinggi sering disebut juga dengan ‘silent killer” karena jarang menunjukkan tanda-tanda dan jika diderita dalam jangka waktu lama dapat menimbulkan berbagai macam komplikasi. Secara extrem tekanan darah tinggi dapat merusak bagian dalam dari arteri yang kecil, kemungkinan dapat menyebabkan pembekuan darah. Jika hal ini terjadi maka dapat menyebabkan serangan jantung (jika terjadi pada jantung), kebutaan (jika terjadi pada retina mata), gagal ginjal (jika pembekuan darah terjadi di ginjal), dan stroke (jika pembekuan darah terjadi di otak). Stroke juga dapat terjadi karena pecahnya pembuluh darah akibat hipertensi sehingga mengakibatkan pendarahan di otak.

Sekitar 90-95% hipertensi tidak diketahui penyebabnya secara pasti, keadaan tersebut disebut juga hipertensi esensial. Sedangkan sisanya yaitu sekitar 5-10% diketahui penyebabnya yang disebut juga hipertensi sekunder. Hipertensi sekunder antara lain disebabkan oleh penyakit parenkim ginjal, pembuluh darah ginjal, akibat pemakaian obat, kelainan endokrin, dan lain-lain.

Ada beberapa faktor risiko yang dapat memperberat hipertensi, antara lain : stres, obesitas/kegemukan, makanan yang banyak mengandung garam, kolesterol tinggi, makanan yang diawetkan, daging kambing, buah durian, rokok, kopi, riwayat keluarga/genetik dan usia. Selain usia dan faktor genetik, faktor lainnya dapat dikendalikan atau dihindari dengan pengontrolan pola hidup sehat, seperti :

diet rendah garam dan rendah lemak
berhenti merokok dan minum alkohol
menghindari stres dan berolahraga sesuai kebutuhan
menurunkan berat badan bagi yang kegemukan
Konsumsi makanan yang mengandung mineral kalium dan magnesium yang dapat membantu menurunkan tekanan darah
Banyak penderita hipertensi yang bosan minum obat penurun tekanan darah karena menimbulkan ketergantungan, apabila tidak minum obat tensinya tetap tinggi. Selain itu faktor efek samping yang ditimbulkan pada obat yang harganya murah sedangkan obat yang mahal banyak penderita yang tidak sanggup lagi membelinya. Karena berbagai alasan tersebut, penderita hipertensi mencari cara pengobatan lain yang lebih ekonomis namun minim efek samping yaitu melalui pengobatan alamiah dengan menggunakan bahan-bahan alami seperti buah, sayuran dan herbal.

Buah dan sayuran merupakan sumber vitamin, mineral, serat dan zat-zat berkhasiat lainnya yang sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan dan kesehatan tubuh. Selain untuk meningkatkan kesehatan, buah dan sayuran juga banyak dimanfaatkan untuk terapi pengobatan. Kandungan mineral, vitamin, karotenoid, dan komponen lainnya yang terdapat pada buah dan sayuran diantaranya berkhasiat sebagai antioksidan untuk mencegah kanker, mengatasi gangguan pencernaan, menurunkan kolesterol tinggi, dan tekanan darah tinggi.

Beberapa jenis buah-buahan dan sayuran yang berkhasiat menurunkan tekanan darah tinggi antara lain seledri, ketimun, labu siam, selada air, lobak, tomat, belimbing wuluh, belimbing manis, semangka, wortel, pisang, apel, dan kiwi.

Berikut beberapa contoh terapi jus untuk menurunkan tekanan darah tinggi

1. Bahan :
200 gram labu siam
200 gram ketimun
Cara membuat : kedua bahan dicuci dan dipotong-potong, dimasukkan ke dalam juicer, airnya/sarinya diminum.

2. Bahan :
100 gram Seledri jenis kecil
100 gram selada air
100 cc air dingin
Cara membuat : semua bahan dicuci dan dimasukkan ke dalam juicer atau diblender dan disaring, airnya diminum untuk 2 kali sehari, pagi dan sore hari.

3. Bahan :
250 gram belimbing manis yang matang
250 gram semangka
Cara membuat : semua bahan dijus, airnya diminum. lakukan secara teratur 2 kali sehari.

4. Bahan :
250 gram wortel
50 gram seledri
2 siung bawang putih
100 cc air dingin
Cara membuat : semua bahan dijus atau diblender dan disaring, airnya/sarinya diminum.

5. Bahan :
100 gram pisang ambon
150 gram tomat
150 gram jeruk mandarin
100 cc air dingin
Cara membuat : semua bahan diblender, diminum.

6. Bahan :
2 buah mengkudu matang
Cara membuat : mengkudu dijus, sarinya diminum.

7. Bahan :
60 gram pegagan segar
100 cc air matang
Cara membuat : pegagan dicuci bersih, diblender hingga halus, disaring. Diminum airnya.

Catatan : pilih salah satu resep/terapi jus dan lakukan setiap hari secara teratur. resep dapat diganti-ganti.

***

Sumber: hembing

========

Ok selamat mencoba .. Semoga Mami cepet sembuh… dan jangan lupa pola istirahat dan amaknnya dijaga.. dan kalo bisa rutinolah raga.. jalan2 saja kalo pagi…

About these ads

Entry filed under: Umum Umum aja. Tags: , , , .

Istilah-Istilah Medis Awas Terlena dengan Otoriter.

55 Komentar Add your own

  • 1. nova  |  06/01/2009 pukul 11:13 pm

    terima kasih atas infonya.

    Balas
  • 2. deayu  |  03/03/2009 pukul 4:49 pm

    saya akan mencoba resep jus diatas, semoga bermanfaat untuk kesembuhan mama saya. terimakasih

    Balas
  • 3. dr.jucy  |  11/03/2009 pukul 12:14 pm

    thank utk infonya di copy paste yach

    Balas
  • 4. aya  |  11/03/2009 pukul 3:29 pm

    thx ya resepnya..buat mama nya Boim yg baik hati nih..kasian udh 4hri blm sembuh jg darah tingginya..
    Moga mama nya Boimcpt sembuh ya..Aminn..

    Balas
  • 5. Danar  |  16/04/2009 pukul 4:13 pm

    Ak punya kk, dia th udh 190 per 90. Gmana ya ? Apa msh bsa d turunin sampe normal ? Soalnya dia udh berobat kmana2 tp pling rendh itu tensinya cuman 140/80.

    Balas
  • 6. ween  |  19/04/2009 pukul 1:51 pm

    Makasih banyak infonya ya……. Saya coba untuk ibu saya. SEKARANG JUGA. ^_^

    Balas
  • 7. tika  |  23/10/2009 pukul 11:42 am

    kenapa timun,sledri dan mengkudu dapat menurunkan hipertensi dan apa kandungan didalamnya.
    trims yhaaa…

    Balas
  • 8. bader  |  31/12/2009 pukul 10:30 am

    bIG thanks… :)

    Balas
  • 9. Ma'ruf Muhidin  |  16/02/2010 pukul 11:20 pm

    Doakan ya semoga terapi jus ini bermanfaat bagi Bapak saya yang lagi menderita hipertensi…..

    Balas
  • 10. junita  |  17/02/2010 pukul 11:01 pm

    trims untuk infonya, semoga berhasil untuk suami tercinta saya….

    Balas
  • 11. Rizki•kusil•  |  26/11/2010 pukul 1:02 pm

    trma ksih, nenek sya udah 4hri blm smbuh… smoga bermanfaat,,,

    Balas
  • 12. coet  |  13/12/2010 pukul 12:59 pm

    Thanks resep hipertensinya,, kalau darah rendah gmn biar cepat tensinya stabil,, jus apa yang bagus untuk dikonsumsi..soalnya saya suka darah rendah ne.

    Balas
  • 13. Azzh  |  29/12/2010 pukul 10:11 am

    Saya juga..

    Balas
  • 14. Siti munaima  |  25/04/2011 pukul 10:25 am

    maksi yah smga jus ni bermanaat utk ayah saya

    Balas
  • 15. vivi  |  26/05/2011 pukul 6:45 pm

    h bgs;bgs bgs

    Balas
  • 16. Key Pranata Raditya  |  18/06/2011 pukul 11:15 pm

    stroke.. bisa disembuhin lewat jus tersebut ga??

    makasih sebelumnya, dan banyak terima kasih kalo sempet dibales ya.. :)

    Balas
  • 17. Anonymous  |  14/07/2011 pukul 3:45 pm

    trims infonya semoga bermanfaat

    Balas
  • 18. pandu  |  29/08/2011 pukul 5:22 am

    umur saya 23th, tapi sudah kena hipertensi sedang…
    skr sedang terapi jus setiap hari + mengurangi konsumsi lemak + meninggalkan rokok
    mudah2an bisa menurunkan tek darah saya..
    thx anyway, nice share…

    Balas
  • 19. elin  |  31/08/2011 pukul 6:51 pm

    thanks bgt infonya.. saya akan coba untuk adek saya..

    Balas
  • 20. sigit  |  16/09/2011 pukul 10:02 pm

    Thanks a lot for this info, saya akan coba dan mudah2n tekanan darah tinggi saya bisa kembali normal seperti dulu, aminn

    Balas
  • 21. Tyas medika  |  17/09/2011 pukul 4:55 pm

    Nice post…thx

    Balas
  • 22. cengoo  |  20/09/2011 pukul 8:08 am

    terimasih resep dan do’anya

    Balas
  • 23. Erika  |  27/09/2011 pukul 2:37 pm

    Suami trcinta terkena hipertensi :'(. Tekanan darah 180/140. Umur bru 31. Big thanx utk info nya!

    Balas
  • 24. nur  |  21/01/2012 pukul 5:05 pm

    saudara mama saya terkena hipertensi : ( tekanan darahnya 240/130. terima kasih atas infonya…………………………

    Balas
  • 25. nia  |  29/01/2012 pukul 9:04 pm

    tks resepnya..

    Balas
  • 26. Anonymous  |  09/03/2012 pukul 11:42 am

    trimakasi info !

    Balas
  • 27. pipit  |  30/04/2012 pukul 9:23 am

    tq infonya

    Balas
  • 28. Anonymous  |  01/05/2012 pukul 12:58 pm

    terima ksih atas infonya

    Balas
  • 29. Irwan Rudiana  |  13/06/2012 pukul 2:00 pm

    Terimakasih atas info yang anda berikan..semoga kebaikan ini bisa dimanfaatkan dan Insya Alloh anda akan mendapatkan balasan yang lebih besar dari Alloh SWT..Amin.

    Balas
  • 30. Theofilus. K  |  16/06/2012 pukul 11:56 am

    Terimakasih atas infonya semoga dpt menyembuhkn penyakit yg diderita khususnya Hipertensi, hanya YMK yg dpt membalas kebaikannya.

    Balas
  • 31. Nadiya  |  02/07/2012 pukul 4:23 am

    Trims ya infonya….. and copy paste ya

    Balas
  • 32. rio ignasius liman  |  05/07/2012 pukul 1:41 pm

    makasih ea resepnya..’ smoga mami aku bisa cpt smbuh..

    Balas
  • 33. riana  |  09/07/2012 pukul 8:51 pm

    makasih ya bu atas info nya smoga dapat menyembuhkan penyakit opung saya yg penyakit darah tinggi.

    Balas
  • 34. wong kito  |  17/07/2012 pukul 7:56 am

    bt istri ku yg mengeluh sering pusing kepala.tensi nya 140/80

    Balas
  • 35. harmin z  |  17/07/2012 pukul 6:08 pm

    makasih atas infonya,moga tuhan akan membalas kebaikannya

    Balas
  • 36. timbul.napitupulu  |  21/07/2012 pukul 8:21 am

    trima kasih atas informasi yg telah diberikan dgn situs ini.

    Balas
  • 37. syamsuddin  |  25/07/2012 pukul 1:12 pm

    Terima kasih infonya, semoga bisa menurunkan tekanan darah tinggi ibu saya.

    Balas
  • 38. sinto  |  26/07/2012 pukul 4:41 pm

    kalo untuk stroke, gimana ?

    Balas
  • 39. rezki  |  02/09/2012 pukul 4:05 pm

    di antara semua yg paling mujarap. yg manah.

    Balas
  • 40. Anonymous  |  02/10/2012 pukul 7:16 pm

    Maf,ini bicara sudah susah terus darahnya tetap 200 tolong bantuanya?

    Balas
    • 41. Anonymous  |  16/11/2012 pukul 9:27 pm

      Aloevera 400 cc + air teh Hijau 200 cc + Nanas 100 cc.
      sehari minum campuran 2 x 150 cc saja.
      Aloevera atau lidah buaya cai yang tidak pahit.
      Semoga bermanfaat.

      Balas
  • 42. Yuni  |  01/11/2012 pukul 7:56 pm

    Trimaksh ya info nya..

    Balas
  • 43. ully  |  19/11/2012 pukul 7:33 am

    Thx infonya….

    Balas
  • 44. Nurlina  |  24/11/2012 pukul 12:59 pm

    Mksh infony, sngat bermanfaat bnget

    Balas
  • 45. Anonymous  |  13/12/2012 pukul 10:14 am

    Bagus banget infonya

    Balas
  • 46. nayla  |  02/01/2013 pukul 10:52 am

    susah juga untuk mendeteksi hipertensi, gejala-gejalanya juga agak samar , harus rutin mengukur tensi jika ingin mengetahuinya, ribet juga yah?
    di jaman sekarang ini banyak yang terkena hipertensi karena suasana di lingkungan sekitar banyak sekali menyebabkan tekanan psikis, so kita sendiri yang harus extra hati-hati dan SabaR.. :-)
    mkasihhh

    Balas
  • 47. Anonymous  |  22/01/2013 pukul 11:22 pm

    aduh makasih banget info nya moga dgn cara itu istriku bebas dari HIPERTENSI (AKAN DI COBA)

    Balas
  • 48. widy supriyadi  |  02/02/2013 pukul 7:13 pm

    Trims banyak masukanya

    Balas
  • 49. Siti kurnia Supriyadi  |  01/03/2013 pukul 5:45 am

    Terima kasih atas resepnya smg tensiku cepet normal Tuhan memberkati

    Balas
  • 50. Anonymous  |  05/05/2013 pukul 7:05 pm

    terima ksih infonya dan saya akan mencobanya….

    Balas
  • 51. Anonymous  |  21/09/2013 pukul 10:22 am

    Tks info nya..akan sy coba..tensi sy 230/120

    Balas
  • 52. Reni Dwi H  |  11/12/2013 pukul 2:26 pm

    wah ketemu niy resep yg bener2 alami dan bs bikin sendiri (bukan web promosi) …

    makasiy y atas share ilmux…
    semoga bermanfaat untuk sesama …

    Balas
  • 53. mawar merah cwit chit  |  23/01/2014 pukul 9:56 pm

    makasih infox..
    tp mau nanya apa sih efek samping atau kontra indikasi dari labu siam

    Balas
  • 54. Anonymous  |  16/04/2014 pukul 9:35 am

    terima kasih atas infonya mama saya skrg lg terkena hipertensi smoga terapi jus yg anda berikan bisa mengobati hipertensi mama saya. terima kasih sebelumnya

    Balas
  • 55. lies  |  11/06/2014 pukul 12:24 pm

    terima kasih infonya, semoga bermanfaat bagi kita semua,….

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Selalu Lebih Baik..

Perbaikan terus menerus..
Plan-Do-Check-Action

Kata Kunci Pencarian

bernard bendrat bernad benard benad bernadius bernardius bernaditus sri widodo wiwied wied wiwid mas wied mas wiedodo mas dodo om dodo sriwidodo bsriwidodo b.sri.w bsriw pak bhe pak be bs widodo pak bernard pak bendrat pak bernad

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: