Perencanaan Perusahaan dengan 5w1h

04/12/2008 at 5:47 am 7 komentar

Menanggapi, adanya pencarian di google dengan kata kunci “Perencanaan Perusahaan dengan 5w1h”, rasanya kok jadi gatel pengen nulis tentang itu, sekedar nostalgia masa lalu, teringat Pak Sugandhi, Mr. Why ( Apa kabar Pak?, Smg tetap sehat.. )

5W1H…. What Why When Who Where and How.. adalah pertanyaan-pertanyaan dasar untuk menjadi ukuran atau capaian atau parameter dalam membuat suatu rencana biasanya seh berupa rencana Project.

5W1H ini juga tidak lepas dari beberapa konsep yang menyertainya ( Ingat dalam TPS=Toyota Production System) disana ada simplicity (A3 report), berbicara dengan data, 7tools technique, kaizen, etc..

Ok aku mulai dari

Simplicity (A3 report)
Bagaiamna kita bisa mendefiniskan sesuatu dengan simple, mudah, tidak bertele2, terbukti hanya dengan kertas ukuran A3 Toyota mampu membuat rencana yang sangat jelas dan akurat semua project2-nya.

Berbicara dengan Data
Selalu menggunakan data sebagai parameter yang jelas dan eksak, sebagai bahan pertimbangan, evaluasi proses maupun capaian. “Katanya, bpk…” itu merupakan kalimat yang ditabukan… hehehhe.
Biasanya orang Toyota selalu membawa buku kecil+pensil kemana2. Salah satu kunci adalah usahakan semua data dikonversi ke angka. Target produksi, kepuasan pelanggan, Zero defect, laba bersih, kesejahteraan karyawan dll. Semua di konversi ke angka.

Tools ( Kalau ga salah 7 Tools)
Ada beberapa teknik yang membantu dalam klasifikasi masalah dan penentuan prioritas kalau ga salah disana ada fishbone diagram, berbagai macam grafik, digram scatter dan pareto.

Ok… langkah pertama bisa dari What atau bisa dari Why tergantung situasi dan kondisi tetapi umumnya berangkat dari why nah disini peranan tools dan data sangat dominan. Why adalah latar belakang masalah yang memberi motivasi kita untuk melakukan tindakan What. Latar belakang ini jika dikemukankan dnegan kata-kata akan terasa sangat sudah untuk dipahami dan dipecahakan.. tetapi bila kita tuangkan dalam bentuk data akan mudah diolah ..apalagi dengan berbagai tools yang ada ( 7 tools itu). Sebagai misal data-data penjualan, data-data market share, kemampuan siswa (institusi pendidikan).. dll. Selanjutanya data2 tersebut kita cari akar masalah dan solusinya.

WHAT … what ini haruslah jelas parameternya… Jika what ini cukup besar.. maka harus di breakdown menjadi sub-sub yang lebih kecil dan detail. Dengan break down ini maka Where when who and how juga akan menjadi lebih detail.

Where .. saya kira cukup jelas…

when  when ini berhubungan dengan project schedule, beberapa kata kunci disini antara lain adalah control board, advanced, delay, remark, reschedule.

to be continue…

Entry filed under: Management Strategy and Planning. Tags: , , , .

Daftar Bengkel Sepeda Motor Yogyakarta (Komplit) Istilah-Istilah Medis

7 Komentar Add your own

  • 1. aa  |  26/04/2010 pukul 12:14 am

    nulis tapi nga niat -.-

    Balas
  • 2. ivi.hani@yahoo.com  |  04/04/2011 pukul 10:27 pm

    hmm…….kurang jelas ^_^

    Balas
  • 3. nopi noprizal  |  08/05/2011 pukul 3:55 pm

    master bkin bhsn khusus ttg 5w1h ini..
    aku tertarik..

    Balas
  • 4. Anonim  |  16/01/2014 pukul 11:24 am

    Gak jelas ngasi pengertianya,jadi tambah bingung,

    Balas
  • […] Perencanaan Perusahaan dengan 5w1h | Bernardinus Sri … – Menanggapi, adanya pencarian di google dengan kata kunci “Perencanaan Perusahaan dengan 5w1h”, rasanya kok jadi gatel pengen nulis tentang itu, sekedar nostalgia …… […]

    Balas
  • 6. Anonim  |  26/05/2015 pukul 4:59 am

    tidak ada contoh nya kah ?

    Balas
  • 7. rindiani  |  26/05/2015 pukul 4:59 am

    tidak ada contoh nya kah ?

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Selalu Lebih Baik..

Perbaikan terus menerus..
Plan-Do-Check-Action

Kata Kunci Pencarian

bernard bendrat bernad benard benad bernadius bernardius bernaditus sri widodo wiwied wied wiwid mas wied mas wiedodo mas dodo om dodo sriwidodo bsriwidodo b.sri.w bsriw pak bhe pak be bs widodo pak bernard pak bendrat pak bernad

%d blogger menyukai ini: